Salah satu Tempat Wisata di Bandung yang tak kalah menarik selain Farm House Lembang, adalah Gunung takuban Perahu bandung. Nama gunung ini, erat kaitannya dengan sebuah Legenda. Asal mula Gunung tangkuban perahu ada dalam cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi, sebuah legenda yang sangat terkenal, terutama di bumi priangan. namun dalam artikel ini, kita tidak akan membahas cerita Tangkuban perahu ini, melainkan kita akan membahas mengenai tempat wisata tangkuban perahu, lengkap dengan alamat dan harga tiket masuk ke Gunung Tangkuban Perahu bandung.

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung
Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter (Sumber dari Wikipedia).

Tempat wisata di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Bentuk dari salah satu gunung legenda Indonesia mirip Stratovulcano yang memiliki pusat erupsi yang senantiasa berpindah-pindah dari timur ke arah barat. Ketika gunung meletus, batu batu hasil letusan kebanyakan berupa lava, sulfur Belerang dan mineral. namun jika gunung sedang tidak aktif maka yang dikeluarkan hanya uap belerang. Keberadaan gunung Tangkuban Perahu Bandung menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas bermunculan.

Tidak Semua Kawah Bisa dikunjungi

Berada di ketinggian 2.048 meter di atas permukaan laut, Gunung Tangkuban Parahu Bandung mempunyai sembilan kawah yangmasih aktif. Jika diperhatikan dari sejarah geologinya, Gunung Tangkuban Parahu terbentuk dari letusan Gunung Api Sunda di zaman prasejarah. Catatan letusannya dalam dua abad terakhir dimulai dari tahun 1829, 1846, 1863, 1887, 1896, 1910, dan yang terakhir terjadi pada tahun 1929. Akibat seringnya gunung ini meletus, sehingga banyak kawah yang terbentuk di sekitarnya, seperti Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman, serta Paguyuban Badak. Kawah yang paling besar adalah Kawah Ratu yang bersebelahan dengan Kawah Upas. Kawah-kawah ini masih aktif mengeluarkan asap belerang, bahkan beberapa kawah terlarang untuk didekati karena masih mengandung uap beracun.

Tempat wisata di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Suhu Udara di Gunung Tangkuban Perahu

Hingga saat ini, Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu bandung masih dikelola oleh pemkab Bandung. Pengelolanya yaitu perum kehutanan. Ketika siang hari suhu di daerah gunung sekitar 17 derajat celcius. Sedangkan di malam hari, suhunya bisa mencapai 2 derajat celcius. Selain kawah, Gunung Tangkuban perahu Bandung juga memiliki beberapa kawasan hutan Diptrokat Bukit. Beberapa Kawasan tersebut yaitu hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas dan hutan gunung.

Tangkuban perahu Bandung, merupakan segelintir dari banyak tujuan wisata favorit di Lembang yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung. Dimana wisata gunung Bandung ini berada di propinsi Jawa Barat, berjarak 20 KM menuju ke arah utara kota Bandung. Ketika menuju lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan rimbun pohon pinus dan hamparan perkebunan kebun teh yang berada di sekitar-nya. Menurut administratif, gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter.

Souvenir dan Tempat Wisata Lain di sekitarnya

Hingga saat ini, Gunung Tangkuban perahu Bandung statusnya masih sebagai gunung berapi aktif yang selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah di gunung ini juga masih memberikan sinyal-sinyal gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif terlihat muncul nya gas belerang serta sumber-sumber air api yang berada di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

Di sekitar kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu, ada banyak penjual souvenir khas Bandung seperti syal, handmade, boneka, tas, baju dan lain-lain. Sepertinya cocok digunakan sebagai oleh-oleh keluarga. Jam operasional wisata buka pukul 08.00 WIB hingga tutup kembali pukul 17.00 WIB.

Lokasi atau Alamat Gunung Tangkuban Perahu

Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu berada di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan objek wisata ini populer di kalangan wisatawan domestik, hingga wisatawan mancanegara. Karena itu, jangan heran jika di akhir pekan (terlebih musim liburan), lokasi wisata gunung Tangkuban Perahu ini bakal dipadati pengunjung.

Untuk sampai ke lokasi wisata, ada beberapa rute yang bisa diambil. Bagi teman-teman berasal dari kota Bandung, menuju lokasi wisata menggunakan kendaraan pribadi, maka ada dua rute ke Tangkuban perahu yang bisa di pilih.

  1. Keluar dari pintu tol Pasteur lalu menuju ke jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki -Sukajadi -Setia Budi – Lembang dan terakhir sampai ke lokasi wisata.
  2. Keluar dari pintu tol Padalarang menuju ke Cimahi lalu belok kiri kearah jalan Kolonel Masturi, sampai di pertigaan jalan raya Lembang belok ke arah kiri, anda pun sampai di lokasi wisata.

Sementara bagi anda yang menggunakan transportasi kendaraan umum, anda pun dapat mengambil rute :

  1. Dari terminal Leuwi Panjang(Bandung), mengambil bus jurusan bandung Indra Mayu lalu turun di pertigaan gerbang masuk wisata.
  2. Dari Stasiun Hall(Bandung), naik angkot yang jurusan ke Hall-Lembang. Turun di perempatan(Lembang – Maribaya – lokasi wisata) naik angkot jurusan Cikole turun di pinggir kawah Gunung.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu bandung

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, perlu menyediakan dana retribusi sebagai tiket masuknya. Harga tiket masuk ke lokasi wisata dibedakan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing.

Wisatawan Domestik

  • Tiket masuk : Rp. 15.000
  • Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Parkir Mobil : Rp. 10.000
  • Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  • Tiket masuk : Rp. 50.000
  • Parkir Motor : Rp. 7.000
  • Parkir Mobil : Rp. 15.000
  • Parkir Bus : Rp. 25.000
Avatar

Written by Tanto Prihartanto

Seorang freelance web desainer, photographer dan linux system administrator di Bestariwebhost sebuah perusahaan web hosting di Indonesia. Saya juga pemilik web HUMAYRAA, web RESEP123.NET, web Tutorial Linux dan web Tutorial Wordpress Indonesia

One thought on “Review, Harga Tiket dan Alamat Tangkuban Perahu Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *