Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Kawasan wisata ini merupakan salah satu tempat wisata dibandung yang cukup ramai dikunjungi, terutama bagi mereka yang baru pulang wisata dari kawah putih.

Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

situ patenggang ciwidey bandung
Sumber foto: https://www.nativeindonesia.com

Legenda Situ Patenggang

Tempat wisata situ patenggang bandung memiliki legenda tersendiri. Nama situ patenggang disebutkan berasal dari kata patengan atau pateang-teang (Dalam bahasa sunda artinya saling mencari) . Seperti biasa, legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta .

Dalam cerita ini disebutkan dua orang titisan dewa bernama raden Santang dan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama. Mereka pun kemudian saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama batu cinta . Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ patenggang.

Transportasi menuju Situ Patenggang

Banyak jalur alternatif yang dapat anda lalui untuk menuju Situ Patenggang, baik itu dari jakarta ke patenggang ataupun dari Bandung ke Patenggang.

Jarak tempuh antara Pusat Kota Bandung pada titk nol (Jalan Asia Afrika) dengan Situ Patenggang berdasarkan Google Maps yaitu 48,3 km / 1 jam 25 menit waktu normal.

Sedangkan dari Jakarta, dengan titik nol (Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta), jaraknya kurang lebih 203 km / 3 jam 5 menit. Berikut ini, terdapat 4 rute yang pada umumnya sering dilalui oleh para wisatawan dari Jakarta dan Bandung kota.

Rute dari Jakarta ke Situ Pantenggang

  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 25.3 km -> Pintu Tol Kopo: 15.3 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang
  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 32.5 km -> Tol Buah Batu: 12.4 km -> Banjaran: 9.1 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang
  • Jakarta: 151 km -> Cipularang: 19.6 km -> Leuwi Gajah: 16.9 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang
Avatar

Written by Tanto Prihartanto

Seorang freelance web desainer, photographer dan linux system administrator di Bestariwebhost sebuah perusahaan web hosting di Indonesia. Saya juga pemilik web HUMAYRAA, web RESEP123.NET, web Tutorial Linux dan web Tutorial Wordpress Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *